-->

Kumpulan Artikel Tentang Geopolitik

Ditulis oleh: Tugas Sekolah Dan Kuliah
Berikut ulasan mengenai Kumpulan Artikel Tentang Geopolitik. Silahkan disimak!
  1. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wawasan Nusantara
  2. Implementasi Wawasan Nusantara
  3. Pengertian Geopolitik Indonesia
  4. Pengertian Wawasan Nusantara
  5. Unsur Unsur Dasar Wawasan Nusantara
Artikel Favorit:

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Wawasan Nusantara
1. Wilayah (Geografi); a) Asas Kepulauan ( Archipelagic Principle ); Kata ‘archipelago’ dan ‘archipelagic’ berasal dari kata Italia ‘archipelagos’.Akar katanya adalah ‘archi’ berarti terpenting, terutama, dan pelagos berarti laut atau wilayah lautan. Jadi, archipelagic dapat diartikan sebagai lautan terpenting.Istilah archipelago antara lain terdapat dalam naskah resmi perjanjian antara Republik Venezza dan Michael Palaleogus pada pada tahun 1268.
(Read more »)

Unsur Unsur Dasar Wawasan Nusantara
1.Wadah; Wawasan Nusantara sebagai wadah meliputi tiga komponen : a). Wujud wilayah; Batas ruang lingkup wilayah Nusantara ditentukan oleh lautan yang di dalamnya terdapat gugusan ribuan pulau yang saling dihubungkan oleh dalamnya perairan, baik laut maupun sealat serta dirgantara di atasnya yang merupakan satu kesatuan ruang wilayah.
(Read more »)

Implementasi Wawasan Nusantara
Wawasan Nusantara sebagai Pancaran Falsafah Pancasila; Falsafah Pancasila diyakini sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia yang sesuai dengan aspirasinya.Konsep Wawasan Nusanatara berpangkal pada dasar Ketuhanan Yang Maha Esa, sabagai sila pertama yang kemudian melahirkan hakikat misi manusia Indonesia yan dijabarkan pada sila – sila berikutnya.
(Read more »)

Sekian artikel dari Tugas Sekolah Dan Kuliah mengenai Kumpulan Artikel Tentang Geopolitik, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Daftar Isi Tugas Sekolah Dan Kuliah